Tips Meremajakan Kamera Foto dan Video

Jika sering menggunakan kamera foto maupun kamera video tentunya harus sedikit memberikan perawatan pada kamera yang anda gunakan, supaya tidak mudah rusak dan memperpanjang umur kamera anda. Disini saya coba memberikan sedikit tips untuk perawatan pada kamera foto ataupun kamera video anda.

Karena biasanya kamera yang tidak terawat biasanya sering terdapat debu yang menempel. Langsung saja Tips Meremajakan Kamera Foto dan Video

  • Tempatkan kamera pada wadah tertutup (seperti tas), hal ini dapat membantu menurunkan intensitas dan kuantitas masuknya kotoran.
  • Hindari penggunaan tissue biasa, kaos baju, alcohol dan bahan lainnya yang tidak dikhususkan untuk perawatan kamera.
  • Bersihkan kamera dan lensa secara teratur, khususnya setelah digunakan pada ruang terbuka atau setelah hunting.
  • Simpan kamera pada tas dan selipkan silica gel pada ruang tas untuk membantu merawat tas dari serangan jamur.
  • Bila perlu bongkar kamera setiap kali habis hunting/dipakai dan dibersihkan satu persatu dari debu, minyak, air, keringat, dll. (pastikan anda sudah memahami cara membongkar pasang kamera tersebut)
  • Gunakan filter yang tepat dan sesuai untuk kamera, beberapa kamera sangat sensitif terhadap sinar ultraviolet dari matahari.
  • Jangan pernah menyimpan kamera bercampur dgn baju / pakaian. Hal ini karena biasanya suasana tempat penyimpanan baju lembab dan juga biasanya lemari baju ditaruh Kapur barus yg uapnya dapat merusak lensa.
  • Pilih penyimpanan kamera di ruangan yg ber AC. Hal ini karena AC menyebabkan kelembaban ruangan tersebut turun.
  • Pergunakan container yg tahan air seperti Tapperware untuk penyimpanan kamera. (Test uji kebocoran kalau perlu)
  • Bersihkan tangan Anda dari kotoran sebelum mulai memfoto atau shooting.
  • Jika kamera terkena air, segera bersihkan dan keringkan secara seksama. Dapat menggunakan hairdryer dengan panas secukupnya untuk mengeringkan kamera dari air.
  • Matikan kamera secara manual umumnya lebih baik daripada kamera mati secara otomatis, karena memperpanjang umur baterai.
  • Lepaskan baterai dari kamera apabila sedang tidak digunakan pada waktu yang lama.
  • Lepaskan baterai dari Charger device apabila sedang tidak digunakan atau tidak tersambung ke arus listrik.

Mungkin sedikit Tips Meremajakan Kamera Foto dan Video diatas bisa anda terapkan pada kamera anda, Supaya awet dan tidak mudah rusak.

17 thoughts on “Tips Meremajakan Kamera Foto dan Video

  1. Wah mantabz nie tipsnya…..bisa dicoba…tapi perlu diketahui juga sebagus apapun suatu kamera dan mau dirawat kaya apa juga bates kelayakannya cuma 3,5 tahun….. (itu kata Kameramen Kompas yang pernah aku temuin)….

    slam knal Sob…..aku Follow sekalian(DJ Site)…..D’tgu Follow balik’y……

    Semangat N met aktivitas…

  2. Sangat bagus sekali tips ini cara merawat dan meremajakan kamera foto dan video. Memang sayang bila sehabis beli kamera foto atau video, kita lupa dan kurang peduli dalam hal perawatannya. Sehingga umur pakainya menjadi lebih pendek. Trims tipsnya sobat. Salam sukses.

  3. wah mantab nih bro postingan yang ini, o iya kalau boleh tanya (sapa tau ngerti), aku kan hobby fotografi nih (belajar) tapi sedikit beda bro, aku pakai handphone sebagai sarana hobby ku, bisa ga ya kira-kira lensa kamera handpone di upgrade, misal dari 2MP ke 8 MP gitu.

    ::Salam Hangat::

  4. OOZ : Wah kalau yang Upgrade kamera chugy kurang paham…tapi kayanya si bisa aja.. kita adopsi kamera ponsel lain yang satu kategory dng ponsel yang memiliki Mega pixel yg tinggi.

    Mungkin kalau ponsel sistemnya sama kaya kita ganti mix / speaker HP, kita bisa mengambil speaker dr model lain yg sama asalkan tempat ponselnya pas, jd kayanya tidak ada masalah,

    Tapi ada solusi lain boz yg lebih bagus : Mendingan di ganti aja ponselnya ,ma ponsel yg memiliki kamera di atas 8px drpada kita upgread hasilnya tidak memuaskan atau bahkan bikin rusak….!!!

    thanks

  5. pernah waktu itu bersihin Lensa kamera pake kapas, eh enggak taunya tuh serabutnya pada nempeL bikin gambar jadi bintik-bintik. hehehe…
    kunjungan dini hari.
    dateng enggak di jemput, puLang enggak di anter.

  6. mantap sob infonya…..kadang kita jarang memperhatikan perawatan pada kamera sendiri ,makenya sering tp ngrawatnya ga pernah….Makasih bt info and tipsnya…!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s