Mempertajam Hasil Photo Dari Kamera Digital

Ketajaman yang baik dapat diperoleh dari focus yang tepat, pemilihan shutter yang tepat, dan penajaman yang baik. Apabila ketiganya sudah diperhatikan dengan didukung ukuran file yang mencukupi foto Anda akan dapat dicetak dalam ukuran besar dan tetap tampil tajam.

Auto focus ( AF ) adalah sebuah feature wajib pada tiap kamera Digital. Pada umumnya titik focus akan berada pada tengah-tengah gambar yang tampak pada viewfinder atau display. Pada titik focus tersebut tersedia sensor yang dapat mendeteksi ketajaman gambar. Ketajaman gambar tersebut dinilai dari nilai kontrasnya. Oleh sebab itu pada kondisi pencahayaan yang lemah atau kontras yang rendah, system Auto Fokus ( AF ) sering tidak dapat berfungsi. Pada saat AF tidak berfungsi, jalan satu-satunya untuk memperoleh focus yang baik adalah dengan menggunakan manual focus ( MF ).

Pada kamera DSLR hal ini dimudahkan anda tinggal mematika system AF lalu memutar Infokus pada lensa sehingga gambar tampak tajam. Namun pada kamera Digital kelas mengengah ke bawah, hal ini umunya tidak bisa dilakukan. Sebagian kemera Digital menyediakan feature Manual Fokus atau MF yang sederhana. Anda dapat memilih jarak focus secara manual namun Anda tidak dapat melihat perubahan yang terjadi.

Ada pula kamera Digital yang menyediakan simulasi ketajaman gambar pada display-nya. Meski tidak sempurna namun metode ini lebh baik dibandingkan hanya memperkirakan jarak saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s