Jenis Printer

Tampaknya cukup Fair untuk mengatakan ada dua (2) kategori Printer yaitu Ink jet dan Laser. yang sering kita jumpai dan gunakan untuk mencetak. Disini saya akan coba menjelaskan dua kategori printer tersebut.

1. Printer Ink jet

Untuk printer Ink jet terdiri dari tiga kategori yang pertama tiga warna, empat warna, dan photo. standar jenis printer ini adalah yang menggunakan empat warna, model seperti ini biasanya memiliki dua buah cartridge, satu berisi tinta hitam dan satunya berisi tiga warna (Cyan,magenta dan kuning).

Beberapa model lainnya menggunakan empat cartridge dengan warna yang berbeda pada tiap cartradge-nya. dengan cara ini anda tidak perlu mengganti seluruh cartridge hanya karena kehabisan salah satu warna. Model ink jet dengan tiga warna diperkirakan akan lenyap tidak lama lagi. seiring semakin murahnya harga printer ink jet empat warna. namun anda masih dapat menemukan beberapa model dari jenis yang sebentar lagi akan punah ini.

Pada dasarnya printer ink jet tiga warna tidak jauh berbeda dengan printer ink jet empat warna kelas low-end, kecuali jenis ini tidak bisa menggunakan cartridge hitam dan berwarna secara bersamaan. jadi anda harus mengganti-ganti cartridge jika akan mencetak halaman hitam putih dan berwarna.

Dengan mempertimbangkan harga printer ink jet empat warna saat ini tampaknya sudah tidak ada alasan untuk tetap memilih printer ink jet tiga warna. menentukan printer ink jet foto tidak semudah membuat batasan antara dua kategori sebelumnya. Banyak ink jet empat warna yang dapat mencetak foto sekualitas foto sesungguhnya. Berapapun fitur yang dimilikinya kualitas printer empat warna dibatasi oleh “gamut” atau jangkauan warna yang dapat dihasilkannya.

Gamut sebuah printer ditentukan dari jenis tinta yang digunakan. Kebanyakan printer ink jet foto meningkatkan gamutnya dengan menggunakan tambahan warna tinta, biasanya cyan muda dan magenta muda. Untuk kebanyakan printer jenis ini hasil cetakanya hampir sama atau bahkan sudah setara dengan hasil cetakan foto biasa. sayangnya banyak printer ink jet foto yang sangat lambat saat mencetak teks.

2. Printer Laser

Untuk printer laser menggunakan silinder sensitif-cahaya atau sabuk yang mengumpulkan listrik statis saat terkena berkas sinar laser. Wilayah yang mendapatkan listrik statis akan menarik tinta dan memindahkannya pada kertas. printer ini dikategorikan printer kelas laser. beberapa sub categori printer laser bahkan menggunakan teknologi yang berbeda.hanya ada satu yang sama yaitu kecepatannya. Printer laser yang paling lambat sekalipun memiliki kecepatan diatas printer ink jet.Kelebihan lainya printer laser ini mencetak garis, teks dan bentuk yang lebih halus dibandingkan printer ink jet.

Ada empat kategori Printer laser :

  • Monokrom.
  • Warna Single-Pass.
  • Warna Four-Pass.
  • dan tinta padat (Solid Ink)

Printer laser monokrom paling populer diantara kategori lainnya, menawarkan tingkat kehalusan teks dan garis yang tidak bisa disaingi printer ink jet tanpa menurunkan kecpatan cetak secara radikal.Printer LED dan LCD juga termasuk dalam kategori ini. Printer laser berwarna baik yang four-pass maupun yang single-pass lebih cocok untuk pengguna yang menginginkan kecepatan dan cetakan teks hitam berkualitas tapi juga membuuhkan cetakan berwarna.

Dari kedua jenis printer diatas ada satu lagi printer yang baru-baru ini banyak beredar dipasaran yaitu printer All in One (AIO) atau printer multi fungsi biasanya terdiri dari Mesin Fotokopi, faks dan Scanner. Untuk jenis printer ini akan dibahas di lain kesempatan.

One thought on “Jenis Printer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s