Jenis Koneksi Internet

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh user pengguna internet untuk dapat mengakses internet. Untuk kali ini saya akan memberi informasi jenis koneksi internet yang banyak digunakan.

1. GPRS
General Packet Radio Service (GPRS) adalah Sistem koneksi yang menggunakan perangkat GSM.GPRS merupakan value added atau nilai tambah penggunaan ponsel. Dengan GPRS pengguna bisa mencapai traffic data 170kbps. nama lain dari GPRS adalah GSM-IP (GSM-Internet Protocol), karena menghubungkan pengguna dengan ISP. Dengan GPRS panggilan voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data tergantung jenis ponsel yang digunakan. Dengan kemajuan tekhnologi GPRS bisa digunakan untuk komputer yang dihubungkan dengan ponsel, Bahkan beberapa vendor menyediakan modem khusus GPRS.

2. Wave LAN
Teknologi untuk koneksi ini cukup populer dikalangan warung internet (Warnet) dan perkantoran. selain harganya relatif murah biaya koneksinya juga tidak sebanyak pengguna kabel. Wave LAN cocok digunakan untuk lokasi yang belum atau sulit terpasang instalasi kabel telpon, pada jaringan sementara dan kondisi khusus lainnya.Teknologi yang ada pada Wave LAn merupakan teknologi transmisi data menggunakan media radio yang dikenal sebagai Code Division Multiple Accsess (CDMA). Teknologi ini bertumpu pada teknologo Direct Squence Spread Spectrum (DS-SS) yaitu teknologi yang biasa digunakan para militer Amerika Serikat sebagai transmisi data yang tidak mudah dilacak serta tidak mengganggu transmisi yang ada.Ada dua buah frekuensi yang digunakan oleh Wave LAN yaitu 915MHz dan 2,4GHz, dengan menggunakan jalur ISM (Industrial Scientific & Medical Band).

3. Dial Up
Sistem Dial Up ini sangat populer dan banyak digunakan para pengguna internet di Indonesia. Sistem ini dikenal simple dan mudah digunakan. Pelanggan cukup dial ke nomer penyedia dan langsung terhubung dengan internet.Dial Up kini telah menjadi sistem koneksi internet yang banyak digunakan oleh user di Indonesia. Dial Up bisa menjangkau semua komputer yang telah terhubung dengan telpon rumah. kelemahan yang paling mencolok dari sistem koneksi ini adalah biayanya. Untuk biaya koneksi internet harus dihitug biaya dial Up ke ISP dan pulsa local ke jaringan telpon.

4. BroadBand
Secara sederhana BroadBand bisa diartikan pita atau jalan yang lebar untuk koneksi internet, sehingga memberikan akses yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi Dial Up.Games Online tidak mungkin bisa dinikmati dengan koneksi internet modem standar namun harus melalui koneksi broadband. Awalnya berupa ISDN (Integrated Service Digital Network) yang memiliki dua varian, yaitu BRA (2B+D) dan PRA (30B+D). dilanjutkan dengan layanan broadband yang menggunakan teknologi ASDL (Asymetric Digital Subscriber Line).

Diatas merupan jenis koneksi internet yang banyak digunakan, jadi buat user internet yang sedang nyari-nyari koneksi internet yang tepat
informasi diatas bisa menjadi pilihan yang tepat.

*****************************************************************************
NB : Cara koneksi dengan CDMA relatif lebih sederhana, lebih simple dibandingkan dengan Dial Up yang menggunakan jaringan Telkom.Karena ntuk Dial Up biasanya harus ada RAS (Remote Accsess Server). sedangkan untuk CDMA bisa langsung konek tanpa membutuhkan modem untuk dial-in.jadi langsung IP dan tinggal diatur masuk VPN yang mana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s